fbpx

 

Real EstatePatung Garuda Wisnu Kencana: Keindahan dan Pesona di Lokasi yang Menakjubkan

August 11, 2023by Marketing Sales0

Patung Garuda Wisnu Kencana merupakan destinasi pariwisata yang menampilkan keajaiban arsitektur Bali yang megah dan monumental. Berkat keagungan dan kebesaran patung ini, tidak heran jika objek wisata Garuda Wisnu Kencana termasuk sebagai daftar kunjungan wajib bagi wisatawan yang ingin berlibur di Bali.

Selain sebagai tempat wisata, Patung Garuda Wisnu Kencana juga menjadi tempat penting untuk berbagai pertunjukan budaya dan pertemuan konferensi internasional. Mulai dari konferensi IMF and World Bank Summit 2018 hingga KTT G20 2022.

Lokasi Patung Garuda Wisnu Kencana berada di Bukit Ungasan, Kabupaten Badung, berjarak sekitar 15 menit berkendara dari Bandara Internasional Ngurah Rai sehingga sangat mudah dijangkau oleh wisatawan.

Patung Garuda Wisnu Kencana

Diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada September 2018, Patung Garuda Wisnu Kencana terus menjadi tujuan favorit banyak wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Bahkan jumlah rata-rata pengunjung pada hari-hari biasa berkisar antara 2.000-2.500 orang, sedangkan selama musim liburan dapat mencapai 6.000-8.000 pengunjung setiap hari.

Di balik daya tariknya yang luar biasa tersebut, Patung Garuda Wisnu Kencana ternyata juga menyimpan banyak sekali fakta-fakta menarik yang mungkin tidak diketahui banyak orang.

Proses pembangunan selama 28 tahun

Pembangunan patung ikonik ini digagas oleh I Nyoman Nuarta untuk menciptakan sebuah kawasan wisata baru di Bali sekaligus sebagai pusat kegiatan budaya bagi para seniman untuk berkolaborasi dan berkreasi. 

Awalnya, ide tersebut muncul pada tahun 1989 dan mendapat persetujuan oleh Presiden Soeharto pada 1990. Tujuh tahun kemudian, tepatnya pada 8 Juni 1997, pembangunan Patung Garuda Wisnu Kencana dimulai. Namun sayangnya, proyek pembangunan objek wisata ini sempat terhenti akibat krisis moneter 1998. 

Kemudian, pada 2013, pembangunan berhasil dilanjutkan kembali dan diresmikan oleh Presiden Jokowi pada September 2018. Dengan demikian, pembangunan Patung Garuda Wisnu Kencana telah menempuh proses panjang selama 28 tahun hingga akhirnya menjadi karya megah yang dapat dinikmati oleh semua orang.

Makna Patung Garuda Wisnu Kencana

Destinasi wisata ini merupakan penggambaran dari Dewa Wisnu yang sedang mengendarai Garuda. Dalam ajaran Hindu, Dewa Wisnu adalah pelindung dan pemelihara alam semesta yang menjaga keseimbangan serta harmoni seluruh ciptaan. Sementara itu, Garuda merupakan lambang negara Indonesia yang merepresentasikan nilai kesetiaan dan pengabdian yang tulus.

Dengan demikian, Patung Garuda Wisnu Kencana menyimpan makna filosofis yang mendalam, mengingatkan masyarakat Indonesia akan pentingnya merawat kekayaan alam serta melestarikan keanekaragaman budaya dan kearifan lokal sebagai identitas dan kekayaan bangsa.

Tersusun oleh 754 modul tembaga

Patung Garuda Wisnu Kencana disusun menggunakan 754 modul yang terbuat dari tembaga dan dilapisi dengan kuningan. Masing-masing modul berukuran 4×3 meter dan memiliki berat lebih dari 1 ton.

Di sisi lain, pembangunan ini juga melibatkan banyak pekerja. Setidaknya terdapat lebih dari 1.000 pekerja yang berkontribusi mewujudkan patung megah ini.

Dengan banyaknya material dan pekerja yang dibutuhkan untuk proyek ini, pembangunan Patung Garuda Wisnu Kencana ini menghabiskan biaya sekitar 100 juta USD atau sekitar Rp1,5 triliun (nilai kurs 1 dollar sama dengan Rp15.066,80).

Termasuk patung tembaga tertinggi di dunia

Patung Garuda Wisnu Kencana termasuk sebagai salah satu patung tembaga tertinggi di dunia dengan ketinggian mencapai 121 meter dan lebar 64 meter. Ketinggian patung ini melampaui Patung Liberty yang hanya mencapai 93 meter.

Bahkan, begitu besarnya Patung Garuda Wisnu Kencana, kemegahan dan keagungan patung ini dapat terlihat dari jarak pandang 20 km.

Pemandangan Alam yang Menakjubkan

Selain Patung Garuda Wisnu Kencana yang spektakuler, destinasi wisata ini juga menawarkan panorama alam yang memukau. Untuk menikmati pemandangan tersebut, pengunjung dapat mengikuti tur keliling Patung Garuda Wisnu Kencana.

Nantinya pengunjung akan diajak berkeliling ke lantai sembilan dan lantai 23 selama 45 menit. Lantai sembilan menyajikan galeri sejarah pendirian patung, sementara lantai 23 menyuguhkan pemandangan Pulau Bali yang menakjubkan dan samudera Hindia yang luas.

Namun, perlu diperhatikan bahwa pengunjung tidak diperbolehkan membawa kamera dan HP selama tur berlangsung. Tapi, jangan khawatir karena manajemen wisata Patung Garuda Wisnu Kencana sudah menyediakan tim fotografer untuk mengabadikan momen ini.

Untuk mengikuti tur keliling Patung Garuda Wisnu Kencana, Anda dapat membeli tiket Ultimate Bundling Package dengan harga Rp300 ribu. Tiket tersebut sudah termasuk beberapa fasilitas berikut.

  • 1 tiket masuk ke Garuda Wisnu Kencana Cultural Park
  • Tiket menonton film Petualangan Garuda Cilik
  • Akses ke ASANA Artseum
  • 1 minuman di Jendela Bali Restaurant
  • Akses menikmati 15 pertunjukan seni di area wisata
  • Tur keliling Patung Garuda Wisnu Kencana

Jika tidak ingin mengikuti tur keliling Patung Garuda Wisnu Kencana, Anda cukup membeli Regular Entrance Ticket dengan harga Rp115 ribu. Tiket ini memiliki fasilitas yang sama dengan Ultimate Bundling Package, kecuali untuk tur keliling Patung Garuda Wisnu Kencana.

Aktivitas dan Hiburan

lokasi Patung Garuda Wisnu Kencana

Berikut adalah beberapa aktivitas dan hiburan yang dapat dilakukan di area wisata Garuda Wisnu Kencana selain menikmati keindahan mahakarya I Nyoman Nuarta tersebut dan panorama alam yang menakjubkan.

Menonton film animasi dan pertunjukan seni

Setiap pengunjung Garuda Wisnu Kencana dapat menonton film animasi Petualangan Garuda Cilik di Garuda Cinema. Film ini berhasil meraih penghargaan Piala Citra sebagai film pendek animasi terbaik pada Festival Film Indonesia tahun 2015. Film ini ditayangkan mulai pukul 11.00 WITA setiap hari dengan durasi 35 menit setiap show.

Di samping itu, pengunjung juga dapat menikmati berbagai pertunjukan seni dan budaya Bali. Mulai dari Balinese Dance, Barong Keris Dance, Garuda Wisnu Ballet, Nusantara Dance, hingga Kecak Garuda Wisnu. Semua pertunjukan tersebut dapat disaksikan di amphitheater yang tak jauh dari pintu masuk pada pukul 10.00-18.30 WITA.

Berkeliling menggunakan segway, skutis, atau GWK Loop

Kawasan wisata Garuda Wisnu Kencana memiliki ukuran lahan yang sangat luas. Bagi pengunjung yang kelelahan berjalan kaki, dapat menyewa segway atau skutis yang disediakan di beberapa lokasi untuk berkeliling area wisata ini.

Tarif penyewaan segway dan skutis cukup terjangkau. Penyewaan segway memiliki tarif Rp60 ribu per 15 menit, sementara tarif skutis Rp80 ribu per 15 menit.

Selain segway dan skutis, pengunjung juga dapat berkeliling tempat wisata ini dengan shuttle bus GWK Loop. Hanya dengan Rp20 ribu, pengunjung akan diajak berkeliling dan menikmati keindahan setiap sudut wisata Garuda Wisnu Kencana.

Berburu spot foto menarik

Berkunjung ke Garuda Wisnu Kencana belum lengkap jika tidak berfoto di berbagai lokasi menarik. Mulai dari Lotus Pond dengan latar belakang patung-patung tinggi, Plaza Kura-Kura, Indraloka Garden, Plaza Wisnu, hingga Plaza Garuda, semua lokasi tersebut menawarkan background foto yang menarik.

Namun, tentu saja spot foto yang paling ikonik adalah lokasi Patung Garuda Wisnu Kencana. Setelah itu, pengunjung juga dapat berfoto di antara tebing-tebing yang menjulang tinggi di dekat patung raksasa tersebut.

Belanja oleh-oleh khas Bali

Setelah menikmati kunjungan wisata di Garuda Wisata Kencana, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh di Street Theater. Di sini, pengunjung dapat membeli beragam cendera mata dari toko GWK Souvenir Shop dan Bali Art Market.

Setelah puas berbelanja, pengunjung juga dapat menikmati sajian kuliner lezat di restoran-restoran yang berada di sekitar kawasan tersebut.

Resort Residence Dekat GWK

lokasi Patung Garuda Wisnu Kencana

Terletak di daerah Bukit Ungasan, Kabupaten Badung, lokasi Patung Garuda Wisnu Kencana sangat dekat dengan Bandara Internasional Ngurah Rai dan dapat dicapai 15 menit berkendara. 

Agar pengalaman Anda semakin menyenangkan, pilihlah hunian yang berdekatan dengan lokasi wisata ikonik Bali tersebut sebagai tempat beristirahat yang ideal. Natadesa Resort merupakan resort terbaik di Bali yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas eksklusif untuk memenuhi segala kebutuhan Anda.

Berlokasi di Jimbaran Hijau yang memiliki lingkungan asri dan damai, Natadesa Resort sangat sempurna untuk Anda yang mencari ketenangan. Selain itu, resort ini juga dikelilingi destinasi wisata menarik lainnya seperti Pantai Jimbaran dan Honeymoon Beach.

Klik di sini untuk mengetahui berbagai kelebihan dan informasi selengkapnya tentang Natadesa Resort.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Copyright © 2024 Natadesa. All Rights Reserved